Selasa, 21 Februari 2012

BAB I PENDAHULUAN


BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah
1.    Alasan Pemilihan Tema
Pada saat ini usaha yang bergerak di bidang grafis percetakan mengalami perkembangan begitu pesat setiap tahun. Usaha dalam bidang grafika selalu mengikuti perkembangan tanpa mengenal musim. Banyak perusahaan percetakan yang mulai tumbuh dan bersaing untuk memberikan hasil produksi yang maksimal kepada masyarakat akan keperluan barang–barang cetak. Sudah menjadi sifat alamiah manusia ingin memberikan suatu informasi kepada orang lain tentang suatu produk dengan media yang menarik agar orang yang menerima informasi, mau membeli ataupun sekedar mengetahui tentang produk yang ditawarkan. Inovasi dalam bidang cetak mencetak juga terus mengalami kemajuan dengan banyaknya tempat yang melayani jasa cetak offset bahkan saat sekarang ini tren digital printing juga berkembang pesat.

Sebagai salah satu warga Sragen yang ingin berpartisipasi memajukan kotanya, penulis yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang desain grafis mencoba menawarkan suatu media penyampaian informasi dan promosi “Perusda Percetakan dan Penerbitan Kabupaten Sragen” melalui website.

2.        Alasan Pemilihan Jenis Karya
Saat ini internet sudah dianggap sebagai suatu hal yang penting. Dengan bertambah banyaknya website menjadikan internet sebagai wadah penyedia informasi yang bersifat global. Selain itu website juga dapat menjadi media komunikasi yang sangat ideal bagi orang–perorangan maupun perusahaan.
Internet akan menyapu kita seperti sebuah gelombang pasang yang akan menenggelamkan setiap orang yang dilewatinya yang tidak siap untuk hidup dalam sebuah masyarakat informasi. (Bill Gates, Chairman of Microsoft Corp.) sumber :www.microsoft.com
Sejalan dengan perkembangan zaman, perkembangan teknologi informasi hingga saat ini berkembang sangat pesat dan  membuat interaksi antar manusia menjadi sangat mudah, sangat cepat dan telah memberikan akibat langsung pada segala sisi perkembangan teknologi informasi khususnya bidang bisnis dan pendidikan menjadi sangat maju dan global.
Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik atau disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia dengan media internet maka website dipilih sebagai sarana media promosi karena berbeda dengan media promosi lainnya, seperti ; baliho, poster, pamflet, dan sebagainya. Website lebih praktis, ekonomis, dan efektif dalam segi penyampaiannya kepada masyarakat, karena website lebih murah dibandingkan sarana media konvensional lainnya. Website memiliki ruang yang tak terbatas yang dapat diakses oleh seluruh pengguna internet di dunia. Sebagai contohnya media promosi dengan menggunakan televisi atau koran, majalah, poster, baliho dan lainnya ingin tampil secara prime time biaya yang dikeluarkan ratusan juta untuk tampil hanya 3 menit atau untuk biaya pemasangan baliho di lokasi strategis dengan biaya sewa 3 bulan misalnya. Sementara website selama masih aktif, maka informasi yang ingin disampaikan dapat diakses dan informasi mengenai profil perusahaan, produk, contact person, dan informasi lain mengenai perusahaan dapat disampaikan lebih lengkap dengan menggunakan website.
Secara singkat dapat dipahami bahwa website adalah sebuah cara atau tempat di internet untuk mempermudah tukar menukar dan memperbaharui informasi, menampilkan sesuatu produk, baik berupa barang atau jasa atau lainnya, yang dapat dikunjungi siapa saja dan dapat melakukan interaksi secara aktif. Di samping memiliki kelebihan, website juga memiliki kekurangan, di antaranya adalah : harus membutuhkan koneksi internet untuk bisa membuka atau mengakses website, rawan dengan tindak kejahatan dalam dunia internet seperti adanya hacker dan sebagainya.
Meski demikian website tetap dipilih sebagai sarana informasi dan media promosi Perusda Percetakan dan Penerbitan Kabupaten Sragen karena beberapa keunggulan yang dimiliki dan sebagai respon terhadap kemajuan teknologi informasi pada era sekarang yang menggunakan media internet setiap tahun terus meningkat dan banyak orang atau perusahaan
                                                                                                         
B.            Tujuan dan Manfaat
1.        Tujuan
Tujuan pembuatan Karya Tugas Akhir dengan judul  “Desain Website Perusda Percetakan dan Penerbitan Kabupaten Sragen” adalah sebagai berikut:
a.         Terciptanya website Perusda Percetakan dan Penerbitan Kabupaten Sragen sebagai karya penulis.
b.        Menerapkan ilmu yang di dapat pada masa perkuliahan untuk merancang website.
c.         Ingin menjelaskan proses perancangan website.

2.        Manfaat
Penulis berharap Karya Tugas Akhir ini dapat memberikan berbagai manfaat, di antaranya :
a.         Sebagai referensi bagi mahasiswa Seni Rupa dan Desain yang ingin merancang sebuah website.
b.        Sebagai masukan dan sumbangan pemikiran terhadap rencana pembuatan website yang belum tercapai di Perusda Percetakan dan Penerbitan Kabupaten Sragen.
c.         Nantinya, dapat digunakan sebagai media alternatif dalam mempromosikan Perusda Percetakan dan Penerbitan dalam bentuk website.

Tidak ada komentar: