BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
1. Alasan Pemilihan Tema
Pada saat ini usaha yang bergerak di bidang grafis
percetakan mengalami perkembangan begitu pesat setiap tahun. Usaha dalam bidang
grafika selalu mengikuti perkembangan tanpa mengenal musim. Banyak perusahaan
percetakan yang mulai tumbuh dan bersaing untuk memberikan hasil produksi yang
maksimal kepada masyarakat akan keperluan barang–barang cetak. Sudah menjadi
sifat alamiah manusia ingin memberikan suatu informasi kepada orang lain
tentang suatu produk dengan media yang menarik agar orang yang menerima
informasi, mau membeli
ataupun sekedar mengetahui tentang produk yang ditawarkan. Inovasi dalam bidang
cetak mencetak juga terus mengalami kemajuan dengan banyaknya tempat yang
melayani jasa cetak offset bahkan
saat sekarang ini tren digital printing juga berkembang pesat.
Sebagai salah satu warga Sragen yang ingin berpartisipasi memajukan kotanya, penulis yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang desain grafis
mencoba menawarkan suatu media penyampaian informasi dan promosi “Perusda
Percetakan dan Penerbitan Kabupaten Sragen” melalui website.
2.
Alasan Pemilihan Jenis Karya
Saat ini internet sudah dianggap sebagai suatu hal
yang penting. Dengan bertambah banyaknya website
menjadikan internet sebagai wadah penyedia informasi yang bersifat global.
Selain itu website juga dapat menjadi
media komunikasi yang sangat ideal bagi orang–perorangan maupun perusahaan.
Internet akan menyapu
kita seperti sebuah gelombang pasang yang akan menenggelamkan setiap orang yang
dilewatinya yang tidak siap untuk hidup dalam sebuah masyarakat informasi.
(Bill Gates, Chairman of Microsoft Corp.) sumber :www.microsoft.com
Sejalan dengan perkembangan zaman, perkembangan
teknologi informasi hingga saat ini berkembang sangat pesat dan membuat interaksi antar manusia menjadi
sangat mudah, sangat cepat dan telah memberikan akibat langsung pada segala
sisi perkembangan teknologi informasi khususnya bidang bisnis dan pendidikan
menjadi sangat maju dan global.
Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi,
desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik atau disebut sebagai
desain interaktif atau desain multimedia dengan media internet maka website dipilih sebagai sarana media
promosi karena berbeda dengan media promosi lainnya, seperti ; baliho, poster, pamflet,
dan sebagainya. Website lebih
praktis, ekonomis, dan efektif dalam segi penyampaiannya kepada masyarakat,
karena website lebih murah
dibandingkan sarana media konvensional lainnya. Website memiliki ruang yang tak terbatas yang dapat diakses oleh
seluruh pengguna internet di dunia. Sebagai contohnya media promosi dengan
menggunakan televisi atau koran, majalah, poster, baliho dan lainnya ingin
tampil secara prime time biaya yang
dikeluarkan ratusan juta untuk tampil hanya 3 menit atau untuk biaya pemasangan
baliho di lokasi strategis dengan biaya sewa 3 bulan misalnya. Sementara website selama masih aktif, maka
informasi yang ingin disampaikan dapat diakses dan informasi mengenai profil
perusahaan, produk, contact person,
dan informasi lain mengenai perusahaan dapat disampaikan lebih lengkap dengan
menggunakan website.
Secara singkat dapat dipahami bahwa website adalah sebuah cara atau tempat
di internet untuk mempermudah tukar menukar dan memperbaharui informasi,
menampilkan sesuatu produk, baik berupa barang atau jasa atau lainnya, yang
dapat dikunjungi siapa saja dan dapat melakukan interaksi secara aktif.
Di samping memiliki kelebihan, website
juga memiliki kekurangan, di antaranya adalah : harus membutuhkan koneksi
internet untuk bisa membuka atau mengakses website,
rawan dengan tindak kejahatan dalam dunia internet seperti adanya hacker dan sebagainya.
Meski demikian website tetap dipilih sebagai sarana
informasi dan media promosi Perusda Percetakan dan Penerbitan Kabupaten Sragen
karena beberapa keunggulan yang dimiliki dan sebagai respon terhadap kemajuan
teknologi informasi pada era sekarang yang menggunakan media internet setiap
tahun terus meningkat dan banyak orang atau perusahaan
B.
Tujuan dan Manfaat
1.
Tujuan
Tujuan pembuatan Karya Tugas Akhir dengan
judul “Desain Website Perusda
Percetakan dan Penerbitan Kabupaten Sragen” adalah sebagai berikut:
a.
Terciptanya website
Perusda Percetakan dan Penerbitan Kabupaten Sragen sebagai karya penulis.
b.
Menerapkan ilmu yang di dapat pada masa perkuliahan
untuk merancang website.
c.
Ingin menjelaskan proses perancangan website.
2.
Manfaat
Penulis berharap Karya Tugas Akhir ini dapat memberikan berbagai manfaat,
di antaranya :
a.
Sebagai referensi bagi mahasiswa Seni Rupa dan Desain
yang ingin merancang sebuah website.
b.
Sebagai masukan dan sumbangan pemikiran terhadap
rencana pembuatan website yang belum tercapai
di Perusda Percetakan dan Penerbitan Kabupaten Sragen.
c.
Nantinya, dapat digunakan sebagai media alternatif
dalam mempromosikan Perusda Percetakan dan Penerbitan dalam bentuk website.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar